Detail Journal
Author Suhroji Adha
Kategori Kampus
Download 20181012-ilovepdf_merged (6).pdf
Judul Nilai Pelayanan Sebagai Mediasi Kepuasan Mahasiswa (Studi Kasus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Banten)
Abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh citra institusi dan merk terhadap kepuasan mahasiswa dengan nilai pelayanan sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif STIE Banten dari jurusan akuntansi dan manajemen yang berjumlah 100 orang. Dari hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS versi 20, semua asumsi klasik terpenuhi dan diperoleh hasil untuk nilai R = 0.826. Maka hubungan antara variabel citra institusi, merk dan nilai pelayanan secara simultan terhadap variabel kepuasan mahasiswa adalah positif. Nilai R square sebesar 0.683 berarti kemampuan menjelaskan variabel independen (citra institusi, merk dan nilai pelayanan) terhadap variabel dependen (kepuasan mahasiswa) sebesar 68.3% sedangkan sisanya sebesar 31, 7% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sementara adjusted R square sebesar 0.673, berarti sumbangan pengaruh variabel independen citra institusi, merk, nilai pelayanan secara simultan terhadap naik turunnya variabel dependen kepuasan mahasiswa sebesar 67.3% dan tidak ada nilai lain yang memengaruhi karena sudah konstan atau telah disesuaikan. Persamaan regresi di dapat Y= 3,447 + 0,273 X1 + 0,315 X2 + 0,337 Z.